Jumat, 11 November 2011

Membudayakan membaca


Kita tidak bisa mempungkiri bahwa budaya membaca di negeri kita sangat rendah. Budaya membaca di negeri kita ini terus bergeser dan berganti ke budaya menonton, entah itu televisi, video ataupun yang lainya yang sedemikian tersebut sangat kuat dampaknya terhadap perubahan perilaku bangsa Indonesia.
Peralihan dari tradisi bertutur ke tradisi menonton yang tanpa di imbangi  dengan membangun budaya membaca sebelumnya, dengan demikian, menghasilkan orang-orang yang bukan hanya tidak cerdas dalam membaca suatu  bacaan, melainkan juga mengurangi sensitivitas seseorang dalam merekayasa perilaku yang sesuai dengan hati nurani dan akal pikiran sekaligus. Oleh karena itu, penting untuk dipikirkan strategi membangun budaya baca sesegera mungkin.
Sekolah atau universitas  yang biasanya terdapat perpustakaan harus mampu mebuat program untuk membangun budaya membaca di kalangan anak – anak, remaja bahkan dewasa agar mereka semua tertarik untuk membaca. Dengan ini budaya akan membaca akan tumbuh di bangsa Indonesia, hal ini akan pasti memicu para penulis dan penerbit  akan menambah buku yang di terbitkan dan hal ini akan membuat budaya membaa semakin kuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar